Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran atau Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran adalah serangkaian kriteria atau indikator
yang menunjukkan sejauh mana peserta didik telah mencapai kompetensi pada
tujuan pembelajaran. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran nantinya
berfungsi untuk merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat
penguasaan kompetensi peserta didik agar dapat membantu pendidik dalam
memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan tindak lanjut yang sesuai dengan
kompetensi peserta didik.
Kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran juga bermanfaat untuk memberikan informasi
konkret dan komprehensif dalam laporan hasil belajar peserta
didik. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi salah satu
pertimbangan dalam memilih atau menyusun instrumen asesmen. Sehingga, asesmen
yang dipilih benar-benar sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran yang telah disusun.
Terdapat perbedaan yang signifikan antara kriteria ketuntasan minimal (KKM) dankriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Berikut ini merupakan perbedaan antara KKM dan kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran:
KKM
- Indikator tuntas yang digunakan dalam KKM berbentuk Angka
- Tiidak ada penjelasan atau deskripsi mengenai perbedaan angka indikator tersebut.
- Jika peserta didik tidak mencapai indikator tuntas maka dilakukan remedial untuk mencapai angka indikator tuntas.
- KKM cenderung meratakan kemampuan peserta didik hanya karena memiliki nilai yang sama.
- Indikator tuntas pada kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berbentuk deskripsi konkret mengenai keterampilan dan kompetensi yang perlu dikuasai oleh peserta didik, sebagai bukti bahwa peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.
- Indikator kriteria ketercapaian tujuan pembelajarantidak disarankan untuk menggunakan angka mutlak seperti, 70,85,90.
- Jika diperlukan guru diperkenankan menggunakan rentang/ interval nilai misalnya 70-80, 81-90 dan sebagainya dengan tetap memberikan deskripsi/ keterangan mengenai tiap interval tersebut.
- Deskripsi tentang perkembangan peserta didik menjadi lebih terukur dan personal sesuai dengan kemampuan mereka.
- Jika ada peserta didik yang mencapai nilai sama dengan peserta didik lain penjelasan dalam laporan hasil belajarnya bisa jadi berbeda.
- Penjelasannya benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, progres, dan area perkembangan peserta didik.
- Jika peserta didik tidak mencapai indikator tuntas maka dilakukan refleksi dan evaluasi.
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
Pendekatan yang dapat digunakan untuk menentukan kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Menggunakan pendekatan deskripsi
kriteria.
Pada pendekatan jenis ini, pendidik telah
menetapkan serangkaian kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan suatu tugas,
projek akhir, projek penutup tema atau apapun yang hendak diukur. Pendidik
dapat mengisi ceklis pada kriteria memadai untuk peserta didik yang dianggap
telah memenuhi tujuan pembelajaran. Sebaliknya apabila ada peserta didik yang
belum mencapai tujuan pembelajaran, maka pendidik dapat memberikan ceklis pada
kriteria tidak memadai.
Cantumkan juga kesimpulan pada akhir
kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebagai penentu ketercapaian tujuan
pembelajaran peserta didik.
2.
Menggunakan pendekatan rubrik
Pendekatan
ini menggunakan rubrik untuk mengidentifikasi sejauh mana peserta didik telah
mencapai tujuan pembelajaran. Deskripsi pada rubik lebih komprehensif
dibandingkan dengan deskripsi kriteria. Cantumkan kesimpulan pada akhir
kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebagai penentu apakah peserta didik
telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan atau
belum.
3. Menggunakan skala atau interval nilai
Untuk
menggunakan pendekatan ini pendidik atau satuan pendidikan dapat menggunakan
rubrik maupun nilai dari tes. Sebelumnya pendidik menentukan terlebih dahulu
interval dan tindak lanjut yang akan dilakukan untuk para peserta didik. Dalam
menentukan interval, pendidik atau satuan pendidikan diberikan kebebasan untuk
menentukan interval yang sesuai.
Berikut ini kami bagikan IKTP secara gratis kepada bapak/ibu
guru sekalian :
Silahkan Unduh Disini
Posting Komentar untuk "IKTP atau KKTP Kurikulum Merdeka SD/MI Kelas 4"