IKTP atau KKTP Kurikulum Merdeka SD/MI Kelas 4

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran atau Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik telah mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran nantinya berfungsi untuk merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik agar dapat membantu pendidik dalam memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan tindak lanjut yang sesuai dengan kompetensi  peserta didik.

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran juga bermanfaat untuk memberikan informasi konkret dan komprehensif dalam laporan hasil belajar peserta didik. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih atau menyusun instrumen asesmen. Sehingga, asesmen yang dipilih benar-benar sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah disusun. 

Terdapat perbedaan yang signifikan antara kriteria ketuntasan minimal (KKM) dankriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Berikut ini merupakan perbedaan antara KKM dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran: 

KKM

  1. Indikator tuntas yang digunakan dalam KKM berbentuk Angka
  1. Tiidak ada penjelasan atau deskripsi mengenai perbedaan angka indikator tersebut.
  1. Jika peserta didik tidak mencapai indikator tuntas maka dilakukan remedial untuk mencapai angka indikator tuntas. 
  1. KKM cenderung meratakan kemampuan peserta didik hanya karena memiliki nilai yang sama.
  1. Indikator tuntas pada kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berbentuk deskripsi konkret mengenai keterampilan dan kompetensi yang perlu dikuasai oleh peserta didik, sebagai bukti bahwa peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran. 
  1. Indikator kriteria ketercapaian tujuan pembelajarantidak disarankan untuk menggunakan angka mutlak seperti, 70,85,90. 
  1. Jika diperlukan guru diperkenankan menggunakan rentang/ interval  nilai misalnya 70-80, 81-90 dan sebagainya dengan tetap memberikan deskripsi/ keterangan mengenai tiap interval tersebut. 
  1. Deskripsi tentang perkembangan peserta didik menjadi lebih terukur dan personal sesuai dengan kemampuan mereka.
  1. Jika ada peserta didik yang mencapai nilai sama dengan peserta didik lain penjelasan dalam laporan hasil belajarnya bisa jadi berbeda.
  1. Penjelasannya benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, progres, dan area perkembangan peserta didik.
  1. Jika peserta didik tidak mencapai indikator tuntas maka dilakukan refleksi dan evaluasi. 
Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran

Pendekatan yang dapat digunakan untuk menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut: 

1. Menggunakan pendekatan deskripsi kriteria.

Pada pendekatan jenis ini, pendidik telah menetapkan serangkaian kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan suatu tugas, projek akhir, projek penutup tema atau apapun yang hendak diukur. Pendidik dapat mengisi ceklis pada kriteria memadai untuk peserta didik yang dianggap telah memenuhi tujuan pembelajaran. Sebaliknya apabila ada peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, maka pendidik dapat memberikan ceklis pada kriteria tidak memadai. 

Cantumkan juga kesimpulan pada akhir kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebagai penentu ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik. 

2. Menggunakan pendekatan rubrik 

Pendekatan ini menggunakan rubrik untuk mengidentifikasi sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran. Deskripsi pada rubik lebih komprehensif dibandingkan dengan deskripsi kriteria. Cantumkan kesimpulan pada akhir kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebagai penentu apakah peserta didik telah mencapai  tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan atau belum. 

3. Menggunakan skala atau interval nilai 

Untuk menggunakan pendekatan ini pendidik atau satuan pendidikan dapat menggunakan rubrik maupun nilai dari tes. Sebelumnya pendidik menentukan terlebih dahulu interval dan tindak lanjut yang akan dilakukan untuk para peserta didik. Dalam menentukan interval, pendidik atau satuan pendidikan diberikan kebebasan untuk menentukan interval yang sesuai.

Berikut ini kami bagikan IKTP secara gratis kepada bapak/ibu guru sekalian :

Silahkan Unduh Disini

Posting Komentar untuk "IKTP atau KKTP Kurikulum Merdeka SD/MI Kelas 4"